- TEMPLATE BLOG SEDANG RUSAK DAN DALAM PROSES PINDAH BLOG -
BLOG BARUNYA :
choliknf1998.blogspot.com 


BLOG TEMPLATE IS BROKEN AND IN THE PROCESS OF MOVING BLOG
THIS BLOG NEW :

Minggu, 18 Maret 2012

7 Penemuan China Tempo Dulu


1. Serbuk Mesiu


Dijelaskan dalam terbitan dari koleksi buku “tehnik militer paling penting” yang disusun oleh Zeng Goliang, Mesiu awalnya dibuat dari campuran kalium nitrat, arang dan belerang. Ini diasumsikan sebagai penemuan mesiu, karena Zeng menggambarkan tiga campuran bahan berbeda dan kemudian China menggunakannya sebagai sinyal suar dan kembang api, yang kemudian dipergunakan oleh militer sebagai rudimeter granat. Seiring dengan perkembangan zaman, maka logam ditambahkan disamping 3 bahan campuran utama, pada saat inilah kembang api modern lahir dan disusul dengan terciptanya bahan peledak proyektil seperti peluru.

2. Kompas


Pada awalnya kompas yang diciptakan menunjuk ke selatan bukan utara karena mereka menganggap arah cardinal mereka adalah selatan. Kompas paling awal yang terbuat dari magnet diciptakan pada abad ke4 SM.

3. Kertas


Tidak jelas siapa yang pertama kali muncul dengan gagasan mengubah bahasa lisan ke bahasa tulisan. Ada info yang mengatakan bahwa bahasa tertulis pertama kali dirumuskan dalam suatu pacuan kuda antara Sumeria di Mesopotamia (sekarang Harappa, Afganistan) dengan Kemites di Mesir. Bahasa pertama muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Setelah bahasa mulai berkembang, manusia mulai mengekreasikan bahasa degan cara mencoret-coret/menggambar/menulis pada permukaan suatu benda, seperti bambu, kulit hewan, kulit kayu, tanah liat, papyrus, daun dan batu. Perubahan mulai terjadi setelah seorang pria bernama CaiLun menemukan prototype kertas yang lebih maju. Sebelum terobosan Cai, orang-orang China menulis pada bambu (bambu yang ditipiskan) dan pada kain sutra, tapi pada 105 AD, Cai Lun menciptakan campuran serat kayu dan air kemudian di-pres kedalam kain tenunan. Dalam proses ini terciptalah kertas kasar.

4. Pasta


Pada tahun 2006, arkeolog menemukan semangkuk mie yang terkubur dalam tanah, berumur 4000 tahun di pemukiman Lajia, provinsi Qinghai didekat perbatasan Tibetian. Pasta yang tertua yang pernah ditemukan di dunia. Itu terbuat dari dua jenis gandum millet, kedua jenis tersebut telah dibudidayakan oleh China selama sekitar 7000 tahun. Sampai saat ini orang-orang China masih menggunakan biji-bijian tersebut untuk membuat pasta.

5. Gerobak Tangan (Wheelbarrow)


Konsep gerobak tangan ini ditemukan oleh Jugo Liang yang hidup pada masa pemerintahan dinasti Han. Gerobak tangan pada mulanya digunakan untuk membawa benda-benda yang berat. Penemuan ini mengalahkan keberadaan gerobak Eropa yang mana gerobak masih dengan system dorong (gerobak dorong). Gerobak tangan di China muncul 1000 tahun lebih awal dari gerobak Eropa. Awalnya, kendaraan ini dimaksudkan untuk tujuan militer.


6. Seismograph


Meskipun China tidak mengatakan dengan pasti bagaimana sebuah gempa diukur dengan skala richter (skala richter belum ditemukan sampai 1935), mereka tercatat berhasil menciptakan detector gempa pertama di dunia, yaitu seismograf. Penemu seimograf adalah Zhang Heng seorang astronom, matematik, engineer dan pelukis pada masa pemerintahan Dinasti Han awal abad kedua. Kreasi seismograf Zhang Heng adalah berbentuk sebuah bejana perunggu yang berat dengan dihiasi 9 ekor naga yang menghadap kebawah dan 9 ekor katak yang menghadap ke atas. Di dalam bejana tergantung pendulum dalam keadaan diam sampai ada getaran yang menggerakkannya. Kesimpulannya, ayunan pendulum mengatur tuas gerakan internal seismograf. 

7. Alkohol



Jejak-jejak alkohol ditemukan dalam pecahan tembikar oleh arkeolog di provinsi Hennan yang diperkirakan berumur 9000 tahun. Penemuan ini membuktikan bahwa China adalah yang pertama untuk membuat alcohol. Pada awal abad ketiga SM, orang China telah menemukan cara untuk memperbaiki produk makanan seperti cuka dan kecap dengan menggunakan teknik fermentasi dan penyulingan, kemudian disusul dengan alcohol.


Sumber


Jangan lupa Share keTemenmu :)

Artikel Lainya:

Terimakasih anda sudah membaca artikel 7 Penemuan China Tempo Dulu Dengan URL http://choeliknf75.blogspot.com/2012/03/7-penemuan-china-tempo-dulu.html , Silahkan sebarkan artikel 7 Penemuan China Tempo Dulu, namun jangan lupa untuk meletakkan link 7 Penemuan China Tempo Dulu Sebagai sumbernya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More