- TEMPLATE BLOG SEDANG RUSAK DAN DALAM PROSES PINDAH BLOG -
BLOG BARUNYA :
choliknf1998.blogspot.com 


BLOG TEMPLATE IS BROKEN AND IN THE PROCESS OF MOVING BLOG
THIS BLOG NEW :

Senin, 19 Maret 2012

Cara Ampuh Lawan Vertigo


sakit kepala
Anda menderita vertigo? Gangguan kesehatan dengan sensasi seolah-olah lingkungan di sekelilingnya berputar, yang tak jarang memicu pingsan dan muntah. Vertigo biasanya berhubungan dengan radang telinga bagian dalam (labyrinthitis), atau infeksi telinga. Tapi, bisa juga menjadi tanda adanya penyakit lain di tubuh pasien.

Jangan khawatir jika mengalaminya. Anda hanya perlu melatih keseimbangan denganvibrator dan Canalith Reposistioning Therapy yang dapat memposisikan kepala untuk menggiring batu endapan penyebab vertigo. Yang terpenting adalah Anda tidak boleh takut bergerak.

"Biasanya, orang dengan vertigo takut untuk bergerak karena jika bergerak mereka akan mengalami pusing berputar. Tetapi jika mereka tidak bergerak, penyembuhan vertigo justru akan semakin lama," ujar Dr Jenny Bashiruddin, PhD, spesialis THT RS Asri, di acara peresmian Klinik Terpadu Vertigo RS Asri.

Menurutnya, penderita vertigo harus membiasakan diri dan belajar mengatasinya dengan latihan keseimbangan secara rutin. Latihan keseimbangan akan memperlancar peredaran darah, oksigen dan nutrisi ke otak sehingga otak akan lebih sehat dan terhindar dari vertigo atau hilangnya keseimbangan.

Latihan keseimbangan agar vertigo tidak kambuh disebut dengan Vestibular Rehabilitation Treatment (VRT). Latihan ini dilakukan dari yang paling mudah yaknieasy and static hingga yang paling sulit yakni difficult and dynamic. Inilah beberapa posisi untuk melatih keseimbangan Anda:

1. Posisi dudukLatihan ini dilakukan dengan posisi duduk sebagai cara mengadaptasi keseimbangan Anda dengan lingkungan sekitar. Pertama, dalam posisi duduk, pegang sebuah benda sejajar dengan mata, lalu meliriklah ke kanan dan ke kiri.

Kedua, masih dengan memegang benda sejajar dengan mata, coba untuk menoleh ke kanan dan ke kiri.

2. Posisi berdiriDengan posisi berdiri, cobalah untuk mengayunkan badan ke depan dan ke belakang. Jika belum stabil, Anda bisa memanfaatkan tembok untuk sedikit menopang tubuh Anda.

3. Duduk dengan balance ballDengan menggunakan bola keseimbangan yang biasa digunakan pada senam pilates, cobalah untuk duduk di atasnya. Secara perlahan, angkat kaki Anda tak menyentuh tanah sehingga tampak seperti Anda dalam posisi duduk melayang.

4. Berdiri dengan menggunakan trampolinAnda bisa menggunakan trampolin atau menggunakan batu besar. Lalu, berdiri di atasnya, dan ayun tubuh ke depan dan ke belakang.

5. Berjalan di trampolinTahapan adaptasi yang terakhir adalah melakukan gerakan berjalan di atas trampolin. Pertama, lakukan gerakan tersebut dengan tatapan menghadap ke depan. Kedua, lakukan gerakan tersebut dengan menatap ke samping kanan, lalu coba menatap ke kiri.

6. Melempar dan menangkap bolaAnda sudah memasuki tahapan yang sulit dan dinamis. Lakukan gerakan melempar dan menangkap bola untuk lebih dalam melatih keseimbangan Anda. Agar lebih menyenangkan, lakukan latihan ini dengan anak.

7. Cross over stepTahapan terakhir, lakukan jalan menyamping dengan menyilangkan kaki di depan lalu melangkah ke samping. Belajar dansa adalah pilihan yang menarik. Selain melatih keseimbangan, Anda juga akan lebih bahagia.

Selain melatih keseimbangan tubuh, Anda yang menderita vertigo harus menjaga pola makan, pola tidur dan rutin berolahraga. Vertigo bukan sebuah penyakit, tapi gejala dari penyakit-penyakit mematikan yang kerap muncul akibat gaya hidup tidak sehat. Selain itu, Anda dianjurkan untuk tidur dalam posisi kepala lebih tinggi dari badan.

Jika terjadi serangan vertigo secara tiba-tiba, Dr. Jenny menganjurkan untuk langsung mengambil posisi duduk, minum minuman hangat, dan menetralkan rasa pusing. Jika parah hingga menimbulkan rasa mual dan muntah, Anda bisa meminum obat anti depresan.

Jadi, segera bebaskan diri dari siksaan vertigo!




Sumber : http://www.kumpulberita.com/2011/10/tujuh-senjata-ampuh-lawan-vertigo.html


Jangan lupa Share keTemenmu :)

Artikel Lainya:

Terimakasih anda sudah membaca artikel Cara Ampuh Lawan Vertigo Dengan URL http://choeliknf75.blogspot.com/2012/03/cara-ampuh-lawan-vertigo.html , Silahkan sebarkan artikel Cara Ampuh Lawan Vertigo, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Ampuh Lawan Vertigo Sebagai sumbernya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More